Home / pengetahuan / Bahaya Konsumsi Belimbing Berlebihan

Bahaya Konsumsi Belimbing Berlebihan

belim

Kakang Teteh Dulur Sedanten , Belimbing adalah buah yang bentuknya seperti bintang tapi memiliki khasiat baik. Akan tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan overdosis. Dijelaskan para ahli, belimbing juga dapat membuat orang keracunan. Kasusnya telah lama terjadi yaitu pertama kali di Malaysia tahun 1980 di Malaysia.

Orang yang mengonsumsinya akan mengalami efek depresi pada sistem saraf pusat. Tidak hanya itu, muncul laporan kasus gagal ginjal akut pada orang yang terlalu berlebihan konsumsi belimbing. Pasien dengan penyakit ginjal kronis akan mengembangkan reaksi buruk setelah makan belimbing.

Kakang Teteh bisamengalami kemerosotan fungsi ginjal dan kerusakan ginjal permanen. Laporan itu diterbitkan dalam Journal of Nephrology. Dalam kasus serupa dilaporkan di Hong Kong Medical Journal pada tahun 2009, seorang wanita 76 tahun dengan penyakit ginjal kronis dirawat di rumah sakit dalam keadaan detak jantung cepat setelah makan dua buah belimbing.

Sebelum ke risiko akut. terlebih dulu kakang teteh mengalami gejala umum untuk keracunan belimbing. Kakang teteh akan mengalami cegukan ringan, muntah, kelemahan tubuh, insomnia, perubahan kesadaran, kejang dan hipotensi. Dengan demikian orang dengan riwayat penyakit ginjal harus menjauhi buah belimbing. Apalagi kalau mengonsumsinya saat perut kosong, jelas memengaruhi kesehatan. Demikian dikutip Livescience,

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top