Home / News / Bendungan Oroville California Terancam Jebol Akibat Hujan Dan Badai

Bendungan Oroville California Terancam Jebol Akibat Hujan Dan Badai

bendungan

Kakang teteh dulur sedanten, Warga Butte County dan daerah di sekitar bendungan Oroville, California, Amerika Serikat (AS) pekan ini dikejutkan dengan perintah evakuasi yang datang tiba-tiba. Perintah evakuasi itu diumumkan setelah bendungan tertinggi di AS tersebut terancam jebol akibat rusaknya jalur air utama dan cadangan yang menyebabkan air meluap.

hujan deras dan salju yang melanda California pada musim dingin ini telah menyebabkan bendungan Oroville penuh sampai hampir kehabisan daya tampungnya. Curah air itu memaksa Departemen Sumber Daya Air (DRW) California membuka pintu air untuk melepaskan air dari dalam bendungan.

Namun, kemudian diketahui bahwa jalur air utama bendungan mengalami kerusakan yang memaksa jalur air darurat yang belum pernah digunakan selama hampir 50 tahun dibuka. Sayangnya, jalur air darurat itu ternyata mengalami erosi parah yang dapat mengakibatkan air turun tanpa terkendali dan berpotensi menimbulkan banjir bandang.

Pihak berwenang segera memerintahkan evakuasi warga dari wilayah-wilayah yang berisiko diterjang air jika bendungan jebol. Sedangkan para insinyur berusaha menurunkan ketinggian air dan memperbaiki kerusakan bendungan sebelum badai datang menerjang wilayah itu.

Sepanjang sejarahnya, AS telah mengalami sejumlah kerusakan bendungan yang tidak jarang menyebabkan jatuhnya korban jiwa. Jebolnya bendungan South Fork di Johnstown pada 1889 misalnya, menyebabkan hilangnya 2.209 nyawa manusia, sementara meledaknya bendungan St. Francis pada 1928 misalnya, merenggut sedikitnya 600 korban.

Dalam enam dekade terakhir, tercatat ada setidaknya tujuh insiden yang terjadi akibat kerusakan bendungan, dengan peristiwa terakhir terjadi di bendungan Ka Loko di Kauai, Hawaii yang menewaskan sedikitnya tujuh orang. Sedangkan musibah terburuk terjadi pada Juli 1977 saat bendungan di Johnstown, Pennsylvania kembali jebol, membunuh 86 warga dan mengakibatikan kerusakan parah di wilayah sekitarnya.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top