Home / News / Pihak otoritas di Vietnam Menyita 309 Gading Gajah Illegal

Pihak otoritas di Vietnam Menyita 309 Gading Gajah Illegal

gading

Kakang Teteh Dulur Sedanten , Pihak otoritas di Vietnam dilaporkan telah menyita sebanyak 309 kilogram (kg) gading gajah ilegal yang diimpor dari Nigeria. Menurut informasi dari pejabat bea cukai, gading gajah tersebut ditemukan di Bandara Hanoi.

“Perdagangan ilegal gading gajah terus menjadi ancaman utama bagi kelangsungan hidup populasi gajah di Afrika. Para pelaku terus bergerak untuk memindahkan gading ke dalam dan melalui Vietnam. Penyitaan ini menunjukkan peran pemerintah dalam hal perdagangan gading gajah ilegal,” ujar jaringan monitor perdagangan margasatwa TRAFFIC.

Selama ini, gading gajah sering digunakan sebagai perhiasan dan dekorasi rumah di Vietnam. Sementara, Pemerintah Vietnam melarang keras warganya melakukan perburuan gading gajah karena dapat menyebabkan berkurangnya populasi gajah. Demikian sebagaimana dilansir Asian Correspondent, Selasa (4/10/2016).

Pada bulan Maret, petugas bea cukai di Bandara Noi Bai telah menyita sebanyak 238 kg gading dan 248 trenggiling sisik yang didatangkan melalui jalur udara dari Nigeria. Penyitaan ini dilakukan saat digelar konferensi ke-17 bertajuk ‘The Parties to The Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora’ (CITES CoP17).

Acara tersebut diadakan di Johannesburg, Afrika Selatan hingga 5 Oktober. Menurut keterangan Direktur Regional TRAFFIC, Dr. Chrius R. Shepherd, Vietnam pada 2013 adalah salah satu dari delapan negara dan kawasan yang diakui oleh CITES sebagai “negara yang menjadi perhatian utama” terkait peran penting dalam perdagangan gading ilegal. Data terbaru yang dilansir Elephant Trade Information System (ETIS) menunjukkan bahwa Vietnam adalah konsumen utama dan merupakan jalur masuk gading gajah di Asia.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top